Subhanallah! Senyuman Sang Syuhada Yang Seharusnya Dicemburui..

Syurga itu haq. Ner4ka itu haq. Akhirat itu haq. Senyvm terakhir di birai dunia sebelum melangkah ke alam akhirat adalah haq dan benar sekali. Memetik laporan kopibeng dan haliabara.

Tiada dilihat wajah-wajah kem4tian seumpama ini sela1n daripada kalangan orang yang beriman dengan agama tauhid. Ya, kebanyak4nnya pada wajah para syuhada’ di jalan Allah. Semoga Allah mengurniai kit4 semua berita gembira di dunia dan akhirat selepas kurniaan iman dan istiqam4h.

1. Jen1s

Rasulullah SAW dalam sebuah hadits riwayat muslim bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا تَعُدُّونَ الشَّهِيدَ فِيكُمْ؟ قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، مَنْ قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللهِ فَهُوَ شَهِيدٌ، قَالَ: إِنَّ شُهَدَاءَ أُمَّتِي إِذًا لَقَلِيلٌ، قَالُوا: فَمَنْ هُمْ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: مَنْ قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللهِ فَهُوَ شَهِيدٌ، وَمَنْ مَاتَ فِي سَبِيلِ اللهِ فَهُوَ شَهِيدٌ، وَمَنْ مَاتَ فِي الطَّاعُونِ فَهُوَ شَهِيدٌ، وَمَنْ مَاتَ فِي الْبَطْنِ فَهُوَ شَهِيدٌ،

Dari Abu Hurairah, beliau berkata, “RasululLah SAW bersabda: “Apa yang dimaksud orang yang m4ti syahid di antara kalian?” Para sahabat menjawab, “Wahai RasululLah, orang yang men1nggal di jalan Allah itulah orang yang m4ti syah1d.” Beliau ﷺ bersabda: “Kalau begitu, sedikit sekali jumlah umatku yang ma4t1 syahid.” Para sahabat berkata, “Lantas siapakah mereka wahai RasululLah?” Beliau ﷺ bersabda: “Barangsiapa terbunuh di jalan Allah maka dialah syahid, dan siapa yang m4ti di jalan Allah juga syahid, siapa yang m4ti karena penyakit kolera juga syahid, siapa yang m4ti karena sakit perut juga syahid.”

Para fuqoha di antaranya Syekh Nawawi al-Bantani dan Syekh Wahbah Zuhaili menyebut ada tiga jenis m4ti syahid. Pertama, m4ti syahid di dunia, namun bukan di akhirat. Artinya, seseorang m4ti di medan perang untuk mendapatkan dunia bukan untuk menegakkan agama Allah SWT.

Kedua, m4ti syahid yang tidak dihitung di dunia tetapi di akhirat. Keadaan ini dicontohkan dengan m4ti karena tenggelam, ketiban benda yang rubuh, dan m4ti karena kecelakaan (tertabrak).

Selain itu, m4ti syahid yang tidak dihitung di dunia tetapi di akhirat juga termasuk pada jenazah yang men1nggal karena penyakit di perut, terbakar, ketika melahirkan, berada jauh dari tempat tinggal, dan karena semacam penyakit paru-paru.

Terakhir, m4ti syahid di dunia maupun di akhirat. Artinya, orang yang melakukan ini m4ti di medan perang dengan niat bersungguh-sungguh menegakkan agama Allah SWT.

2. Keistimewaan

Keistimewaan m4ti syahid dalam agama Islam dituliskan dalam Quran surat An-Nisa ayat 74. Allah SWT berfirman bahwa orang yang m4ti syahid akan mendapatkan pahala yang besar

Arab: ۞ فَلْيُقَاتِلْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ الَّذِيْنَ يَشْرُوْنَ الْحَيٰوةَ الدُّنْيَا بِالْاٰخِرَةِ ۗ وَمَنْ يُّقَاتِلْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَيُقْتَلْ اَوْ يَغْلِبْ فَسَوْفَ نُؤْتِيْهِ اَجْرًا عَظِيْمًا

Latin: falyuqātil fī sabīlillāhillażīna yasyrụnal-ḥayātad-dun-yā bil-ākhirah, wa may yuqātil fī sabīlillāhi fa yuqtal au yaglib fa saufa nu`tīhi ajran ‘aẓīmā

Artinya: Karena itu, hendaklah orang-orang yang menjual kehidupan dunia untuk (kehidupan) akhirat berperang di jalan Allah. Dan barangsiapa berperang di jalan Allah, lalu gugur atau memperoleh kemenangan maka akan Kami berikan pahala yang besar kepadanya.

Semoga, artikel tentang m4ti syahid bisa menambah iman kita ya!

PERHATIAN:KEPADA PEMBACA SEMUA JANGAN TINGGALKAN KOMEN HINAAN ATAUPUN CACIAN. PIHAK KAMI TIDAK AKAN BERTANGGUNGJAWAB KE ATAS SEBARANG RISIKO YANG TERJADI..
JANGAN KETINGGALAN JUGA UNTUK MENGIKUTI KISAH – KISAH MENARIK  YANG DI KONGSIKAN DI BAWAH.

JANGAN LUPA LIKE DAN SHARE>>>

FOLLOW KAMI DI PAGE….

TERIMA KASIH

About admin

Check Also

Tak Mampu Sihir Orang Islam Yang Jaga Solat – Bomoh Rusia

Tular sebuah video di media sosial, di mana seorang bomoh yang dipercayai berasal dari Rusia …

Leave a Reply

Your email address will not be published.